LKS SMK TINGKAT NASIONAL 2024 SUKSES DIGELAR, PULAU JAWA MASIH MENDOMINASI PERAIHAN MEDALI

Wapenja.com – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2024 telah usai digelar. Ajang LKS SMK ke-32 yang mengangkat tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Vokasi Menginspirasi” ini digelar di Lampung dari tanggal 19 s.d. 24 Agustus 2024.

Siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia berkompetisi menunjukkan keterampilan mereka di depan para juri yang berpengalaman. LKS SMK tahun ini diikuti oleh 1.071 siswa SMK dari 38 provinsi dan 1 peserta dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Kota Kinabalu, Malaysia. LKS SMK ke-32 Tingkat Nasional 2024 menampilkan 6 kelompok keahlian dengan 37 bidang lomba yang disesuaikan dengan bidang keahlian SMK serta 1 lomba eksebisi.

Ribuan siswa dari berbagai provinsi di Indonesia bersaing menunjukkan keterampilan dan pengetahuan terbaik mereka. Dari 38 provinsi yang berlaga di ajang bergengsi ini, 3 provinsi berhasil mendapatkan banyak kejuaraan. Jawa Timur menjadi provinsi dengan peraih medali terbanyak yakni sebanyak 15 medali emas, 10 perak, 4 perunggu, dan 8 Medallion for Excellent (MoE) atau total 37 medali. Jumlah ini membuat Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum LKS SMK Tingkat Nasional 2024 sekaligus mengukuhkan Jawa Timur sebagai juara umum bertahan sejak LKS SMK Tingkat Nasional tahun sebelumnya.

Baca Juga  MKKSMK Kota Bandung Menggelar Kegiatan Karakter Buliding, di Ikuti 72 Sekolah SMK se-Kota Bandung

Pada posisi kedua ditempati oleh kontingen dari Jawa Tengah dengan perolehan 10 medali emas, 8 perak, dan 11 MoE. Di posisi ketiga ada DKI Jakarta dengan jumlah medali yang diraih sebanyak 6 medali emas, 6 perak, 7 perunggu, dan 17 MoE.

Dalam kesempatan ini, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tatang Muttaqin, menyampaikan bahwa untuk mencapai posisi puncak diperlukan perjuangan yang panjang. Kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan. Ajang LKS SMK Tingkat Nasional menjadi pembelajaran penting untuk para siswa SMK.

Baca Juga  Disdik Jabar Lakukan Evaluasi Menyeluruh Pelaksanaan PPDB 2023

“Tidak hanya sekadar berkompetisi, di sini para siswa bisa belajar banyak dari seluruh peserta. Adik-adik inilah generasi muda menginspirasi. Melalui pendidikan vokasi jadilah insan yang tidak lelah berinovasi untuk negeri. Sekali lagi selamat,” tutur Tatang, dalam acara Penutupan dan Penganugerahan LKS SMK Tingkat Nasional Tahun 2024 (28-8-2024).

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan kolaborasi antar pihak. Menurutnya, keseriusan di bidang pendidikan di Jawa Timur diwujudkan melalui komitmen yang direncanakan secara sungguh-sungguh. Adhy juga menyampaikan bahwa LKS SMK Tingkat Nasional merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi siswa SMK di seluruh Indonesia sekaligus ajang pembuktian kecakapannya.

“Ini tentu bukan hal mudah, sebab para siswa tidak hanya bertanding secara kompetensi, tetapi juga butuh mental kuat. Target kami di awal bukan main-main yakni mempertahankan juara umum. Tentu ini butuh perjuangan lebih dibanding meraih gelar juara. Sekali lagi selamat atas prestasi yang telah diraih,” ucap Adhy.***

Baca Juga  SMPN 41 Bandung Berhasil Juarai Lomba Cerdas Cermat HAM